Definisi Pengobatan Alternatif

Pengobatan alternatif merupakan bentuk pelayanan pengobatan yang menggunakan cara, alat,atau bahan yang tidak termasuk dalam standar pengobatan kedokteran/medis modern (pelayanan kedokteran standar) dan dipergunakan sebagai alternatif atau pelengkap pengobatan kedokteran modern tersebut yaitu dengan terapi bioenergi /Tenaga Dalam.
Oleh karena itu dengan segala kerendahan hati PTDIH Sinar Karomah juga melayani
Pengobatan Penyakit Medis& non Medis dengan media terapu bioenergi/Tenaga Dalam,air karomah,telur, ketimun&herbal lainya….dengan izin Allah SWT.

Pijat dengan batu panas (hot stone massage) adalah salah satu jenis terapi pijat yang sempat nge-tren beberapa tahun belakangan. Batu yang digunakan bukan sembarang batu, lho! Tempat pijat hot stone profesional biasanya menggunakan batu basal, jenis batu vulkanik yang dapat mempertahankan panas dalam jangka waktu lama.

Ternyata, teknik pijat ini tak cuma baik untuk menyingkirkan pegal linu, namun juga bermanfaat untuk menekan risiko Anda terhadap kanker. Kok bisa?

Seperti apa rasanya dipijat dengan batu panas?

Selama pemijatan, beberapa batu panas yang telah dihaluskan akan ditaruh di beberapa titik tertentu tubuh, seperti di sepanjang tulang belakang, di atas perut, di dada, wajah, telapak tangan, kaki, dan jari-jari kaki. Terapis pijat yang menangani Anda dapat menggunakan berbagai teknik pijatan menggunakan bebatuan ini, mulai gerakan memanjang layaknya saat kerokan, melingkar, digetarkan lewat alat khusus, diketuk-ketukkan ke tubuh, atau gerakan seperti menguleni adonan.

Kadang, batu dingin juga digunakan dalam terapi ini. Batu dingin biasanya diletakkan setelah batu panas diangkat, tujuannya adalah untuk menenangkan kulit dan pembuluh darah yang melebar akibat panas.

Berbagai manfaat pijat batu panas

1. Mengurangi otot pegal linu

Panas telah lama diketahui dapat mengurangi berbagai keluhan otot yang terasa kaku dan nyeri. Panas dapat meningkatkan aliran darah pada area yang tegang.

2. Mengurangi stress dan kecemasan

Sebuah penelitian pada tahun 2001 memperlihatkan bahwa pjiat selama 10 menit dapat meningkatkan respon jantung. Sementara penelitian lain menunjukkan bahwa pijat selama 15 menit pada bangku pijat di tempat kerja dapat menurunkan stress secara signifikan dibandingkan dengan istirahat 15 menit tanpa pijat. The American Massage Therapy Association juga menyatakan bahwa terapi pijat merupaka metode yang efektif untuk menghilangkan stress.

3. Bikin Anda tidur nyenyak

Pijat diketahui dapat membantu Anda menikmati tidur yang lebih berkualitas, walau belum sepenuhnya diketahui mengapa. Sebuah studi literatur memperlihatkan bahwa pijat dapat menjadi pilihan efektif selain obat tidur bagi penderita insomnia. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa pijat pada punggung dapat membantu meningkatkan relaksasi dan membantu tidur. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa bayi yang sulit tidur apabila diberikan pijat selama 15 menit oleh orangtuanya, akan dapat tidur lebih cepat. Selain itu, mereka juga akan lebih aktif dan segar saat bangun.

4. Meredakan gejala dari penyakit autoimun

Pijat batu panas dapat meredakan rasa nyeri akibat kondisi medis seperti fibromyalgia. Sebuah penelitian memperlihatkan bahwa penderita fibromyalgia yang mendapat pijat selama 30 menit akan tidur lebih malam dan mengalami penurunan substansi yang dapat mencetuskan rasa nyeri. Penelitian lain juga memperlihatkan bahwa pijat batu panas dapat memberikan manfaat bagi penderita rematik. Para peserta penelitian ini mengalami penurunan intensitas nyeri, kekuatan genggam yang lebih baik, dan dapat bergerak dengan lebih leluasa setelah menjalani terapi pijat selama 1 bulan.

5. Mengurangi risiko gejala kanker

Sebuah penelitian besar yang dilakukan selama tiga tahun memperlihatkan bahwa pijat dapat menurunkan stress, kecemasan, depresi, rasa mual, dan kelelahan pada penderita kanker. Penelitian tersebut memperlihatkan bahwa teknik pijat yang biasa digunakan pada pijat batu panas dapat membantu penderita dalam menghadapi gejala kankernya. Para peneliti mempercayai bahwa sentuhan yang menenangkan dari manusia ikut berperan dalam hal ini.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Sebuah penelitian pada tahun 2010 memperlihatkan bahwa pijat dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan segera. Sampel darah yang diambil dari peserta penelitian sebelum dan sesudah pijat menunjukkan adanya penurunan kadar arginine-vasopressin, sebuah hormon yang membantu mengatur tekanan darah dan retensi air.

Updated: November 30, 2018 — 5:34 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PADEPOKAN TENAGA DALAM DAN ILMU HIKMAH © 2018 Sinar Karomah